RPP1

RENCANA PRAKTEK PEMBELAJARAN

 

  1. Tugas Mengajar Ke                 : 1
  2. Nama                                       : Bekti Indah Palupi
  3. Jurusan                                    : Matematika
  4. Hari, Tanggal                          : Jumat, 12 Agustus 2011
  5. Sekolah / Kelas                       : SMP Muhammadiyah 8 Surakarta / VII A
  6. Semester                                  : 1
  7. Waktu                                                 : 2 x 30 menit
  8. Bidang Studi                           : Matematika
  9. Pokok Bahasan                       : Bilangan Pecahan
  10. Keterangan                              :

Sub pokok bahasan : Pengenalan bilangan pecahan, penyederhanaan pecahan dan mengurutkan bilangan pecahan.

 

 

 

 

 

 

Surakarta, 12 Agustus 2011

Mengetahui,

Guru Pamong

Endah Noorsanty, S. Pd.

 

 

 

 

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Satuan Pendidikan            : SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA

Mata Pelajaran                  : Matematika

Kelas/Semester                  : VII A / 1

Standar Kompetensi         : 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar             : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan pecahan

Waktu                               : 2 x 30 menit

Indikator                           :

  • Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran, desimal, persen.
  • Mengurutkan bilangan bentuk pecahan.

 

 

  1. Tujuan pembelajaran
    1. Siswa mampu membedakan dan memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis pecahan.
    2. Siswa mampu menyederhanakan dan mengurutkan bilangan bentuk pecahan.

 

  1. Materi Pembelajaran

Bilangan Pecahan

 

  1. Metode pembelajaran

Ceramah, diskusi, dan penugasan.

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan awal : (5 menit)

  • Membuka dengan salam.
  • Berdo’a  bersama dan mengabsen.
  • Apersepsi dan motivasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti : (50 menit)

  1. Eksplorasi
  • Guru menjelaskan tentang definisi, bentuk, dan jenis pecahan.
  • Siswa dibantu guru memberikan contoh bentuk dan jenis pecahan.
  • Guru menjelaskan cara menyederhanakan pecahan.
  • Siswa diberi contoh tentang penyederhanaan pecahan, kemudian siswa mengerjakan di depan kelas.
  • Guru menjelaskan cara membandingkan dua pecahan, pecahan yang nilainya di antara dua pecahan, dan cara mengurutkan pecahan naik dan pecahan turun serta memberikan contoh kepada siswa.
  1. Elaborasi
  • Siswa diberi beberapa latihan yang berhubungan dengan materi oleh guru.
  • Beberapa siswa dipersilahkan maju ke depan untuk mengerjakan soal yang diberikan.
  1. Konfirmasi
  • Guru memembahas jawaban yang dikerjakan siswa.
  • Siswa dibantu guru marangkum materi pelajaran yang telah dipelajari.
  • Siswa diberi tugas mandiri oleh guru.

Kegiatan penutup : (5 menit)

  • Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan soal latihan mandiri di rumah.
  • Guru mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya.
  • Guru mengakhiri dengan do’a, ucapan terima kasih, dan salam penutup.

 

  1. Sumber Belajar/Media

Sumber :

  • Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk kelas VII SMP dan MTs disusun oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni.
  • LKS MATEMATIKA untuk kelas VII SMP dan MTs semester 1.

Media :

  • White board
  • Alat tulis

 

  1. Penilaian

Teknik                         : Tugas Mandiri

Bentuk Instrumen       : Essay / Uraian

Contoh Instrumen       : Terlampir.

 

 

 

Mengetahui,

Guru Pamong

Endah Noorsanty, S. Pd

Surakarta,     Agustus 2011

Praktikan

Bekti Indah Palupi

NIM : A 410080200

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 1

 

Soal Latihan

No.

Uraian Soal

Kunci Jawaban

Skor

1.

2.

3.

4.

5.

Tuliskan 3 pecahan yang senilai dengan pecahan berikut!

Sederhanakan pecahan-pecahan berikut!

Tuliskan 3 pecahan diantara  2 pecahan berikut!

 

 

Urutkan pecahan berikut naik dan turun!

 

 

 

 

 

 

 

 

Nyatakan pernyataan berikut benar atau salah!

Pecahan senilai :

  1.  =

 

 

Penyederhanaan pecahan :

 

Pecahan diantara dua pecahan :

=

 

Urutan pecahan :

  1. Naik :

 

Turun :

 

  1. Naik :

 

Turun :

 

 

Membandingkan pecahan :

  1.  = salah
  2.  = benar
 

20

20

20

20

 

 

 

 

 

 

 

 

20

 

 

Pedoman penilaian :

N = skor 1 + skor 2 + skor 3 + skor 4 + skor 5

= 100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 2

 

Deskripsi Materi

  1. BILANGAN PECAHAN
    1. Pengertian Bilangan Pecahan

Pecahan adalah bagian dari keseluruhan. Sebagai contoh adalah sebuah kue yang dibagi menjadi  bagian dan menjadi  bagian, yang digambarkan sebagai berikut.

 

 

 

 

 

Jadi bilangan pecahan adalah suatu bilangan yang menggambarkan bagian dari keseluruhan, yang disajikan dalam bentuk  dengan  dan b bukan faktor dari a. Pada bentuk tersebut, a disebut pembilang dan b disebut penyebut.

Contoh:

  1.  ( pecahan, dengan 3 sebagai pembilang dan 4 sebagai penyebut )
  2.  ( bukan pecahan, karena 4 dibagi 2 hasilnya 2 (bilangan bulat) )
  3.  ( pecahan, dengan 7 sebagai pembilang dan 3 sebagai penyebut )

 

  1. Pecahan Senilai

Pecahan senilai adalah suatu pecahan-pecahan yang memiliki nilai yang sama. Pecahan senilai dapat diperoleh dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut pecahan semula dengan bilangan yang sama, dimana bilangan yang sama tersebut tidak boleh nol.

atau

Contoh:

Jadi,

Jadi,

 

  1. Menyederhanakan Pecahan

Pecahan paling sederhana dapat diperoleh jika pembilang dan penyebut pecahan semula dibagi dengan faktor persekutuan terbesar (FPB) nya.

Contoh:

 

  1. Menyatakan Hubungan Antara Dua Pecahan

Tanda “>” (lebih dari) dan tanda “<” (kurang dari) digunakan untuk membandingkan dua nilai (pecahan) yang berbeda. Untuk menyatakan hubungan dua pecahan, yang dibandingkan adalah pembilangnya jika kedua penyebutnya sama. Adapun jika penyebut kedua pecahan tersebut berbeda maka harus disamakan dulu penyebutnya (dengan KPK) kemudian bandingkan pembilangnya.

Contoh:

a.

  1. b.  (KPK 9 dan 3 = 9)

 

 

  1. Menentukan Pecahan yang Nilainya di Antara Dua Pecahan

Di antara dua pecahan yang berbeda selalu dapat ditemukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan tersebut. Untuk menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Samakan penyebut dari kedua pecahan. Kemudian, tentukan nilai pecahan yang terletak di antara kedua pecahan tersebut.
  2. Ubahlah lagi penyebutnya, jika belum diperoleh pecahan yang dimaksud. Begitu seterusnya.

Contoh:

 

 

 

 

  1. Urutan Naik dan Urutan Turun

Urutan pecahan naik adalah urutan pecahan dari terkecil ke terbesar, dan urutan pecahan turun adalah urutan pecahan dari terbesar ke terkecil. Untuk pecahan yang mempunyai penyebut sama tinggal kita urutkan pembilangnya. Dan untuk pecahan yang berbeda penyebutnya, harus kita samakan dulu penyebutnya (dengan KPK) baru kita urutkan pembilangnya.

Contoh:

Urutan naik:

Urutan turun:

Urutan naik:

Urutan turun:

 

About bektiindahpalupi

ALLAH SWT selalu memberi apa yang kita butuhkan,bukan apa yang kita inginkan...

Posted on Januari 10, 2012, in Media Pembelajaran Matematika. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: