RPP3

RENCANA PRAKTEK PEMBELAJARAN

 

  1. Tugas Mengajar Ke                 : 3
  2. Nama                                       : Bekti Indah Palupi
  3. Jurusan                                    : Matematika
  4. Hari, Tanggal                          : Kamis, 18 Agustus 2011
  5. Sekolah / Kelas                       : SMP Muhammadiyah 8 Surakarta / VII A
  6. Semester                                  : 1
  7. Waktu                                                 : 2 x 30 menit
  8. Bidang Studi                           : Matematika
  9. Pokok Bahasan                       : Bilangan Pecahan
  10. Keterangan                              :

Sub pokok bahasan : Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain dan sebaliknya (persen dan permil) serta menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.

 

 

 

 

 

 

 

Surakarta, 18 Agustus 2011

Mengetahui,

Guru Pamong

Endah Noorsanty, S. Pd.

 

 

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Satuan Pendidikan            : SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA

Mata Pelajaran                  : Matematika

Kelas/Semester                  : VII A / 1

Standar Kompetensi         : 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar             : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan pecahan

Waktu                               : 2 x 30 menit

Indikator                           :

  • Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
  • Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

 

 

  1. Tujuan pembelajaran
    1. Siswa mampu menyederhanakan dan mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
    2. Siswa mampu menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

 

  1. Materi Pembelajaran

Bilangan Pecahan

 

  1. Metode pembelajaran

Ceramah, diskusi, dan penugasan.

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan awal : (5 menit)

  • Membuka dengan salam.
  • Berdo’a  bersama dan mengabsen.
  • Apersepsi dan motivasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti : (50 menit)

  1. Eksplorasi
  • Guru menjelaskan cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan persen dan sebaliknya.
  • Guru menjelaskan cara mengubah pecahan biasa menjadi permil dan sebaliknya.
  • Guru menjelaskan cara menyelesaikan operasi hitung pecahan, penjumlahan, pengurangan.
  1. Elaborasi
  • Siswa diberi soal latihan dan beberapa siswa mempresentasikan ke dapan kelas.
  1. Konfirmasi
  • Siswa dibantu guru marangkum materi pelajaran yang telah dipelajari.
  • Siswa diberi tugas mandiri oleh guru.

Kegiatan penutup : (5 menit)

  • Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan soal latihan mandiri di rumah.
  • Guru Mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya.
  • Guru mengakhiri dengan do’a,ucapan terima kasih dan salam penutup.

 

  1. Sumber Belajar/Media

Sumber :

  • Buku Matematika Kreatif, Konsep dan Terapannya untuk kelas VII SMP dan MTs disusun oleh Ponco Sujatmiko.
  • Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk kelas VII SMP dan MTs disusun oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni.
  • LKS MATEMATIKA untuk kelas VII SMP dan MTs semester 1.

 

Media :

  • White board
  • Alat tulis

 

  1. Penilaian

Teknik                         : Tugas Mandiri

Bentuk Instrumen       : Essay / Uraian

Contoh Instrumen       : Terlampir

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Guru Pamong

Endah Noorsanty, S. Pd

Surakarta,     Agustus 2011

Praktikan

Bekti Indah Palupi

NIM : A 410080200

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

Contoh Soal :

 

No.

Uraian Soal

Kunci Jawaban

Skor

1.

2.

 

3.

4.

Nyatakan dalam bentuk persen !

 

Nyatakan dalam bentuk permil !

  1. 150 %

 

Nyatakan dalam bentuk pecahan !

  1. 40 %
  2.  %

 

Banyak penduduk kota A ada 15 juta jiwa bila  nya adalah pria. Berapa banyaknya penduduk wanita ?

Pecahan bentuk persen :

 

 

Pecahan bentuk permil :

  1.  = 562,5 0/00
  2. 150 %  1500 0/00

 

Persen ke pecahan biasa :

  1. 40 % =

 

 

Pemecahan masalah :

Penduduk kota A = 15 juta

= pria

Berapa jumlah penduduk wanita ?

Pembahasan :

  • Pria =

 

  • Wanita

= 15 juta jiwa – 5 juta jiwa = 10 juta jiwa.

Jadi, jumlah penduduk wanita adalah 10 juta jiwa.

25

25

25

25

 

Pedoman penilaian :

N = skor 1 + skor 2 + skor 3 + skor 4

= 100

 

 

 

 

About bektiindahpalupi

ALLAH SWT selalu memberi apa yang kita butuhkan,bukan apa yang kita inginkan...

Posted on Januari 10, 2012, in Media Pembelajaran Matematika. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: