SILABUS

Silabus

Sekolah                     :

Kelas                           : VII

Mata Pelajaran          : Matematika

Semester                    : I(satu)

 

Standar Kompetensi : BILANGAN

  1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

 

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

 

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

 

Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)

Menyebutkan bilangan bulat

Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat

 

  • Memberikan contoh bilangan bulat

 

 

 

Tes tulis Tes uraian Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10

 

1×40 menit Buku teks

Garis bilangan

Termometer

Tangga rumah

Kue yang bulat,

Lingkungan

Buah-buahan

    Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
  • Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Tes tulis Tes uraian  

 

 

 

Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut

 

1×40 menit  
    Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran

 

Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif

  • Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 

Tes tulis Tes isian

Tes uraian

A. Hitunglah

1. 62-125 = …

2. (9+12)x6=…

3. (-36):4=…

5. 8x(-12)=…

 

B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?

2×40 menit  
    Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga

 

  • Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.

 

Tes tulis Tes uraian Berapakah

 

a.

 

b.  43

2×40 menit  
    Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan

Menyebutkan bilangan pecahan

Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan

 

  • Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil.

 

Tes tulis Tes isian 1. Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh …… bagian

2. Setengah bagian hasil panen diberikan kepada Surya. Bagian surya kalau dinyatakan dalam persen adalah …%

2×40 menit  
 

 

 

 

 

  Mendiskusikan bilangan pecahan senilai

Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain

  • Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 

Tes tulis Tes isian 1. Ubahlah dalam bentuk desimal

1  = ..

 

2. Ubahlah dalam bentuk persen

= … %

2×40 menit  
    Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan

 

Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron)

 

Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal

 

  • Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

 

Tes tulis Tes uraian Hitunglah:

 

1.  1 ½  x  2/3 = …

 

2.  ¾  :  ½  = …

 

3. 2,5  +  3,75 = ..

 

4. 21,2  –  9,85 = ..

4×40 menit  
1.2  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.

 

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

 

Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)

 

  • Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

 

Tes tulis Tes isian Isilah titik-titik berikut ini

1. a. 9 + 6 =  ….

b. 6 + 9 = ….

Jadi 9 + 6 = …..+ …..

 

2. a. 3 x (5 x 4) = ….

b. (3 x 5) x 4 = …

Jadi 3 x (5 x 4) = (…x…) x …

 

2×40 menit Buku teks, lingkungan
    Menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian

 

 

  • Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengulangan)

 

Tes tulis Tes uraian Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan? 2×40 menit  

 

 

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

    Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan

 

 

 

  • Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

 

Tes tulis Tes uraian Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut? 4×40 menit  

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi: ALJABAR

2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

 

Bentuk aljabar

 

Mendiskusikan pengertian

bentuk aljabar

 

Mendiskusikan tentang

variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku

sejenis

 

  • Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

 

Tes lisan

Daftar pertanyaan

Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan variabel dan manakah yang merupakan konstantan? 2×40 menit Buku Teks, lingkungan
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

 

Bentuk aljabar Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

 

 

  • Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.

 

 

 

Tes tulis

Tes uraian

 Hitunglah:

1. 2x+3+ 5x-6

2. (4x -1)(-2x+5)

3. (3x – 4)2

4×40 menit Buku teks, lingkungan
    Menggunakan sifat operasi

hitung  untuk menyelesaikan

soal yang dinyatakan dalam

bentuk aljabar.

 

Melakukan operasi  hitung

pada pecahan biasa untuk

menyelesaikan pecahan aljabar

dengan penyebut satu suku

 

  • Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

 

Tes tulis

Tes uraian . Perusahaan “Langsung Sadar” memberi bantuan korban gempa sebanyak 20 dus mie, 40 liter minyak goreng. Satu dos mie berisi 144 bungkus dengan harga Rp 900,00 per bungkus, dan harga minyak goreng Rp 4.500,00 per liter. Berapa rupiah jumlah bantuan di atas?

 

2×40 menit  
2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

 

  • Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

Tes lisan

Daftar pertanyaan Manakah yang merupakah PLSV?

  1. 2x = 5
  2. 5y
  3. 9g – 4 = 10
  4. 6 – 5m = 2
1×40 menit Buku teks
    Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama

 

  • Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama

 

Tes tulis

Tes pilihan ganda Manakah yang setara dengan

-5x + 2 = 4?

a. 5x – 2 = -4

b. 10x + 4 = 8

c. -10x – 4 = 8

d. 10x – 4 = -8

2×40 menit  
    Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya

 

  • Menentukan penyelesaian PLSV

 

Tes tulis

Tes isian Penyelesaian dari

5y – 12 = 8 adalah ….

2×40 menit  
2.3  Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

Pertidaksama an linear satu variabel Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel

 

  • Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

 

Tes lisan

Daftar Pertanyaan Manakah yang merupakan PtLSV?

a  3a + 5 > 2

b.-4h + 4 ≤ 5

  1. 8x -7 = 10
  2. 5y ≥ 10

e.   –p = -5

1×40 menit Buku teks, lingkungan
    Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
  • Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.

 

Tes tulis

Tes pilihan ganda

Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah

  1. 5x – 7 ≥ 9
  2. 6x + 8 ≥ 10
  3. 3x – 4 ≥ 5
  4. -3x + 4 ≥ -5
2×40 menit  
    Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan

 

  • Menentukan penyelesaian PtLSV

 

 

Tes tulis

Tes isian

Penyelesaian dari 3m – 2 ≤ 10 adalah …… 2×40 menit  

 

 

Standar Kompetensi: ALJABAR

3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

 

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Mendiskusikan model

matematika

 

Mengubah masalah ke dalam

model matematika berbentuk

persamaan linear satu variabel

 

 

  • Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

 

Tes tulis

Tes uraian

Nyatakanlah ke dalam model matematika.

Dian membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00

2×40 menit Buku teks, lingkungan
    Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel

 

  • Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

Tes tulis

Tes uraian

Nyatakanlah ke dalam model matematika.

Umur Ita 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun.

1×40 menit  
3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

 

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

 

  • Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

 

 

Tes tulis

Tes pilihan ganda

Surya membeli 2 buku. Uang Surya sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah

  1. Rp2.000,00
  2. Rp3.000,00
  3. Rp4.000,00
  4. Rp6.000,00
2×40 menit Buku teks, lingkungan
    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

 

  • Menyelesaikan  model matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

 

Tes tulis

Tes pilihan ganda

Umur Candra 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun.

Umur Candra sekarang:

  1. kurang dari 28 tahun
  2. 28 tahun
  3. 25 tahun
  4. 22 tahun
2×40 menit  
3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana

 

Perbandingan dan aritmetika sosial Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari(jual beli)

 

Mendiskusikan penertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian

 

  • Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

 

Tes tulis

Tes uraian

Harga 1 losin pensil adalah Rp18.000,00.

  1. Berapakah harga 1 buah pensil?
  2. Berapakah harga 5 buah pensil?
2×40 menit Buku teks, uang, barang-barang yang bias diperjualbelikan, bank
    Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

 

  • Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

 

Tes tulis

Tes pilihan ganda

Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.

Harga beli televisi itu adalah:

  1. Rp1.815.000,00
  2. Rp1.600.000,00
  3. Rp1.500.000,00
  4. Rp1.485.000,00
2×40 menit  
3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah Perbandingan Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan

 

Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala

 

 

  • Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

 

Tes tulis

Tes uraian

Pada suatu peta tertulis:

skala 1 : 100.000.

Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?

1×40 menit Buku teks, peta, foto
    Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

 

Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

 

  • Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

 

Tes tulis

Tes uraian

Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya? 2×40 menit  
 

 

  Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan  berbalik harga(nilai)

 

Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

 

  • Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

 

Tes tulis

Tes pilihan ganda

Kalau sebuah pensil harganya Rp2.000,00, maka 5 buah pensil harganya Rp10.000,00.

Pernyataan tersebut merupakan:

  1. perbandingan senilai
  2. perbandingan berbalik nilai
2×40 menit  
    Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari

 

 

  • Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

 

Tes tulis

Tes isian

Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah …. 2×40 menit  

 

 

Mengetahui,                                                                                                                                                               ……………………………………….., …………….200….

Kepala Sekolah …………….                                                                                                                                         Guru mata pelajaran ……………………………………

 

 

 

 

………………………………………….                                                                                                                                   ………………………………………………………………..

NIP/NRK ………………………….                                                                                                                                    NIP/NRK …………………………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

Silabus

Sekolah                     :

Kelas                           : VII

Mata Pelajaran          : Matematika

Semester                    : II(dua)

 

Standar Kompetensi : ALJABAR

4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya Himpunan

 

Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan

 

 

 

 

 

 

 

  • Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya

 

 

 

 

Tes tulis

 

Tes uraian

 

Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan

 

 

 

1×40 menit Buku teks, lingkungan
    Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan

 

  • Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Di kelasmu, ada himpunan siswa yang tingginya lebih dari 150 cm. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.

 

1×40 menit  
    Menyatakan notasi himpunan

 

  • Menyatakan notasi himpunan

 

 

Tes tulis Tes uraian Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan prima kurang dari 20 1×40 menit  
    Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya

 

  • Mengenal himpunan kosong dan notasinya

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Manakah yang merupakan himpunan kosong?

0 atau {0} atau Ø atau {Ø}

1×40 menit  
4.2 Memahami konsep himpun an bagian

 

Himpunan Mendiskusikan pengertian himpunan bagian

Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan

 

  • Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan

 

Tes tulis Tes pilihan ganda Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}

  1. {0, 2, 4, 6}
  2. {8, 10, 12, 14, 16}
  3. {10}
1×40 menit Buku teks, lingkungan
    Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan

 

 

  • Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

 

Tes tulis Tes uraian Tulislah semua himpunan bagian dari {a, e, i, u, o} 1×40 menit  
    Mendiskusikan pengertian himpunan semesta

 

Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta

 

  • Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya

 

Tes tulis Tes uraian Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan bulat, maka himpunan semestanya adalah …. 1×40 menit  
4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan

 

 

Himpunan Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.

 

Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari  dua himpunan.

 

Mnuliskan notasi gabungan dua himpunan

 

Menyatakan notasi irisan dua himpunan

  • Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan

 

Tes tulis Tes isian Jika A = Himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = Himpunan bilangan bulat antara 5 dan  15 maka:

A ∩ B = ….

A U B = …

2×40 menit Buku teks, lingkungan
    Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan lainnya

Menuliskan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya

Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya

  • Menjelaskan kurang(difference) suatu himpinan dari himpunan lainnya
Tes tulis Tes isian Kalau A = Himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, B = Himpunan bilangan ganjil kurang dari 0, maka A\B = A – B = ….

 

2×40 menit  
    Mendiskusikan komplemen suatu himpunan

Menulisan komplemen suatu himpunan

Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan

  • Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan
Tes tulis Tes uraian Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S = Himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10 2×40 menit  
4.4  Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn

 

 

Himpunan Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram

Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan

Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan

 

  • Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn

 

 

Tes tulis Tes uraian Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.

P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}

Q = {h, i, j, k, l, m}

Manakah yang merupakan P ∩ Q?

Manakah yang merupakan P U Q?

2×40 menit Buku teks, lingkungan
    Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan
  • Menyajikan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
Tes tulis Tes uraian Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.

P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}

Q = {h, i, j, k, l, m}

Manakah yang merupakan P-Q?

 

1×40 menit  
    Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
  • Menyajikan komplemen suatu himpunan
Tes tulis Tes uraian Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S = Himpunan semua bilangan bulat, dan A = Himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.

Manakah yang merupakan Ac?

2×40 menit  
4.5  Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

 

Himpunan Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
  • Menyelesaikan masalah dengan menggunakan  diagram Venn dan konsep himpunan

 

Tes tulis Tes uraian Di dalam suatu kelas ada 30 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 10 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa? 2×40 menit Buku teks, lingkungan

 

Standar Kompetensi : GEOMETRI

  1. 5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

 

Garis dan Sudut

 

Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual

 

 

 

 

 

 

 

  • Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit

 

 

 

Tes lisan

 

Daftar pertanyaan Dari masalah kontekstual ini manakah yang menunjukkan konsep sejajar ?

a.  Tapak 2 ban delman di pasir

b.   Jalan layang

c. Dua jalan yang bertemu dipersimpangan

 

1×40 menit Buku Teks,

Lingkungan

    Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan

 

  • Mengenal satuan sudut yang sering digunakan

 

Tes lisan

 

Daftar pertanyaan Untuk mengukur besar sudut, apakah satuan yang digunakan? 1×40 menit  
    Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat

 

  • Mengukur besar sudut dengan busur derajat

 

Tes tulis Tes isian Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut :

a.

 

 

    ………..

 

b.

 

 

………..

 

1×40 menit  
    Mendiskusikan jenis-jenis sudut

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut

 

  • Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

 

 

 

 

 

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Jenis sudut apakah gambar sudut berikut ini?

 

 

 

 

 

 

1×40 menit  
5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

 

Garis dan sudut Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain

 

 

Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi

 

 

  • Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)

 

Tes tulis Tes uraian  

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari gambar tersebut, sudut-sudut manakah yang sama besar?

2×40 menit Buku teks,  model dari kawat
    Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain

 

  • Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal

 

     

 

  

 

 

 

 

 

 

 

Sudut manakah yang sama dengan sudut A?

 

2×40 menit  
5.3 Melukis sudut

 

 

 

Garis dan sudut Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat

 

Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka

 

  • Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka

 

Tes tulis Tes uraian  

 

 

 

 

Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar

2×40 menit Buku teks, penggaris, jangka
    Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut  60 dan  90 0

Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku

 

  • Melukis sudut 600 dan 900.
Tes tulis Tes uraian Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 600. 2×40 menit  
5.4 Membagi sudut

 

 

 

Garis dan sudut Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar

 

 

  • Membagi sudut menjadi 2 sama besar

 

 

Tes tulis Tes uraian  

 

 

 

 

 

 

Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar

2×40 menit Buku teks, penggaris, jangka
    Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300,  450,       1200,    dan 1500.

 

  • Melukis sudut  300,  450,       1200,    dan 1500.

 

Tes tulis Tes uraian Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 1500. 2×40 menit  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi : GEOMETRI

6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya

 

Segiempat dan segitiga

 

Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga

 

 

 

 

  • Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya

 

Tes tulis Tes isian Dari segitiga ABC diketahui sisi AB = BC, Segitiga ABC merupakan segitiga …….

 

 

1×40 menit Buku teks,

Model-model segitiga

    Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga
  • Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
Tes tulis Tes isian Pada segitiga PQR diketahui sudut P = 600 dan sudut Q = 800. Segitiga PQR merupakan segitiga …… 1×40 menit  
6.2 Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang

 

Segiempat dan segitiga

 

Menggunakan lingkungan

untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya

 

  • Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Lihatlah di seluruh ruang kelasmu! Benda-benda manakah yang berbentuk persegi?

Benda-benda manakah yang berbentuk persegipanjang?

2×40 menit Buku teks, model bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.
    Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya

 

  • Menjelaskan sifat sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dandiagonalnya.

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Apakah panjang semua sisi jajargenjang sama panjang?

Apakah kedua diagonal persegi saling tegak lurus?

2×40 menit  
6.3  Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

Segiempat dan segitiga

 

Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya

 

  • Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat

 

Tes tulis Tes isian  

 

 

 

 

 

 

 

Keliling segitga PQR sama dengan ………

 

 

2×40 menit Buku teks, model bangun datar dari kawat atau dari karton
    Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak(satuan luas)

 

Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang

 

Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang

 

  • Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat

 

     

 

 

 

 

 

Luas persegipanjang ABCD adalah …….

4×40 menit  
    Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segi empat

 

Tes tulis Tes uraian Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak Surya? 2×40 menit  
6.4  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

 

Segitiga Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:

-ketiga sisinya

– dua sisi dan satu sudut apitnya

– satu sisi dan dua sudut

  • Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut

 

Tes tulis Tes uraian Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm, dan 1,5 cm. 2×40 menit Buku teks, penggaris, jangka
    Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat

 

  • Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki

 

 

Tes tulis Tes uraian Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 3 cm. 2×40 menit  
    Menggunakan penggaris dan  jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga

 

  • Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.
Tes tulis Tes kinerja  

 

 

 

 

 

Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan?

2×40 menit  

 

 

Mengetahui,                                                                                                                                                               ……………………………………….., …………….200….

Kepala Sekolah …………….                                                                                                                                         Guru mata pelajaran ……………………………………

 

 

 

 

 

………………………………………….                                                                                                                                   ………………………………………………………………..

NIP/NRK ………………………….                                                                                                                                    NIP/NRK …………………………………………………

 

About bektiindahpalupi

ALLAH SWT selalu memberi apa yang kita butuhkan,bukan apa yang kita inginkan...

Posted on Januari 10, 2012, in Media Pembelajaran Matematika. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: